Rabu, 12 Maret 2008

Virus yg aneh

Sudah beberapa hari yg lalu, tepatnya jum'at 7 maret 2008 kemaren, FDD ku keinfeksi virus kompie. Size FDD ku yg keinfeksi lumayan gede, 1 GB, isinya macem-macem. Mulai dari data dokumen, mp3, freeware, juga antivirus + update na. hix...hix....hix....

Ceritanya begini, Jum'at kemaren, aku dimintain tolong untuk checking CPU custommer di rental kompie temen ku, padahal aku lagi maen aja, mungkin karena mereka udah sering liat aku ada di situ, maka dikira aku juga termasuk bagian dari rental tsb, hehee......... OK deh aku terima order na. Tapi aku check dulu deh kondisi CPU na sebelum diserahken ke temenku yg emang tukang repair kompie. Cklek...aku nyalain CPU na. Dah, ON. Aku check keberadaan virus di kompie na, hmmm.......gak kliatan. Bagian tool option di windows explorer sepertinya normal, tapi...tunggu bentar, ada yg beda. Opsi untuk "hide for hidden file & folder" na gak tampil.
Ini mungkin gejala awal deteksi virus jenis baru lagi. Kondisi tampilan folder tiap2 drive tampil normal, bukan lagi "type folder" jadi berjenis "aplication", tapi masih tampil sebagai "file folder".

Hmm.... virus yg aneh.......aku coba bantu temen ku deh. Aku scan pake antivirus lokal dulu, niatku sekalian mo check keampuhan antivirus buatan anak negeri ngatasin virus sehebat apa? But....busyeet....gue lupa kalo kumpulan CD freeware & antivirus ku masih ketinggal di rumah temen ku, alias aku gak bawa CD Box na ke rental, OMG..........

Tapi...........aku bawa 2 biji FDD masing2 1 GB, di dalem situ juga ada update antivirus lokal juga. aku cobain pake FDD ku langsung ajah, siapa tau bisa sembuh? Aku tancepin tuh FDD ke port USB CPU bervirus tadi, lama kedetek na, lumayan sih ada sekitar 1 menit baru kelar detecting FDD na. Nah, slese detect aku masuk ke drive FDD ku, tara....... tampilannya jadi berubah semua..... icon folder2 ku berubah warna biru putih sejenak, habis itu berganti jadi normal lagi, kuning, type folder "file folder" bukan "aplikasi". File2 yang ada dalam folder ku, masih tetep ada, khusus yg dokument / data, tapi untuk yang jenis "aplikasi >>>> *.exe" langsung ilang dari pandangan mata ku, gak bisa diakses sama sekali. Kompie pun jadi tambah lemot. Hmmm......... cepet sekali ni virus beredar, asal nancep ajah bisa ketularan.

Belum sempet aku evaluasi jenis virus na apaan, jurus jitu na menangkal / mengusir virus tuh dari kompie juga masih belum bisa aku beberkan. Tapi aku masih menyimpan virus na di FDD ku yg 1 GB itu tadi, so, masih bisa aku jadiin bahan evaluasi nantinya. Hihihi.....virus malah disimpen terus, tapi ini emang bikin aku bersemangat belajar tentang kompie, kan bisa sekalian bagi2 rahasia ttg virus. Ntar aku upload di blog, kalo udah slese evaluasi virusnya.
hehehe......yg sabar yah

Tidak ada komentar: