Jumat, 21 Maret 2008

Embed Slideshow di Picasa Web Album

Tadi siang, lagi iseng pengen bloging, tapi bingung mo upload journal apaan? Akhirnya aku putuskan untuk bermain-main dengan koleksi photo yg ku punya, di Web Album Picasa milikku, fasilitas gratis dari Gmail.
Iseng kumasukkan koleksi photo ku yg lumayan banyak jumlahnya, ada sekitar 17 photos. Aku masukiin ke bagian album baru dalam Picasa, ternyata cuma bisa muat 5 photo sekali upload. Sebelumnya aku bareng download aplikasi Picasa dari web na, aku belum tau itu untuk apa? Setelah proses download seleseai, aku langsung install aplikasinya. Sreet...cepet banget, emang kecil sih, tapi....ini berguna banget sebagai tool portable pembantu kita upload koleksi photo kita ke Web Album Picasa. Semua file gambar yg kita simpan dalam hardisk komputer kita, bisa langsung dikumpulkan berdasarkan foldernya oleh Picasa tool album, ini mempermudah kita melakukan upload koleksi photo kita.
Begini screenshot folder album yg ku miliki untuk fasilitas Picasa >>


Kemudian aku buka-buka lagi tool yang ada dalam aplikasi Picasa Web Album, ku temukan tombol embed slideshow [perhatikan lingkaran birunya], kalo gak salah ini berisi html code untuk menampilkan web album yg kita miliki ke sebuah blog atau web yg kita kelola. Klik....aku coba, hasilnya ? Ternyata benar...!!


Muncul html code yg bisa dicopy untuk di tambahkan pada kotak html code di web / blog yg kita punya, juga bisa kita copas ke comments box di bagian blog temen kita [bagian yg ada dalam box html code, saya kasih lingkaran merah]. Berikut adalah hasil dari copas html code pada guestbook di blog saya >>


Html code ini memudahkah kita untuk saling berkirim photo, meski sekedar slideshow. Ukuran tampilan slideshow yg kita kirim juga bisa kita pilih, kecil > besar > ekstra besar. Tinggal atur pada tombol yg ada [di bagian yg dilingkari warna hijau]

Berikut adalah contoh slideshow yg bisa kita tampilkan >>>


1 komentar:

CV. Souvenir Online mengatakan...

Assalamu alaikum
bagus juga videonya...