Jumat, 04 April 2008

Firefox 3 beta 5 meluncur, silahkan mencoba

Membaca informasi dari detiki-net kemarin, Upgrade Firefox versi terbaru, Firefox 3 beta 5. Klaim dari developer firefox mengatakan browser ini adalah lebih cepat dari yg versi sebelumnya. Kemudian saya mencoba untuk menggunakan aplikasi ini. Tampilan baru untuk instalasi standar Firefox 3 beta 5 ini lumayan menarik, juga lucu [menurutku].

Ada yang baru, silahkan dilihat pada screenshot berikut >>>

Fasilitas tambahan yang lain adalah, saat saya mengetikkan sebuah huruf di bagian url box, kemudian firefox 3 beta 5 ini akan segera membantu menampilkan alamat-alamat url yg mugkin saya kehendaki, yg memiliki susunan huruf seperti yang saya ketikan tadi. Layaknya search engine mini di bagian url box, lumayan membantu. Bagian pop up download yg sering muncul saat kita melakukan download juga diberikan tambahan fasilitas "search" untuk mencari file hasil download kita yg ada didaftar dalam pop up tsb. Tampilan pop up yg lain yg dirubah adalah bagian pengingat username dan password, yang biasanya muncul dalam bentuk pop-up, maka firefox 3 beta 5 ini menyediakannya dalam bentuk icon bar yg diletakkan di sebelah kanan atas, tinggal klik pilihan kita, atau dibiarkan saja juga tidak mengapa, hal ini tidak mengganngu.

Kekurangan yg saya rasakan adalah saat ingin melakukan instalasi add-on. Ternyata add-on yg tersedia sekarang belum bisa terintegrasi dengan firefox 3 beta 5 ini, jadi saya batalkan untuk melakukan instalasi add-on yang sering saya gunakan sebagai alat bantu dalam berselancar di internet. Mungkin karena versi firefoxnya masih "beta" maka para developer add-on untuk firefox 3 beta 5 ini belum memberikan ijin penggunaannya. Kita tunggu saja hasil dari kecanggihan otak mereka meluncurkan Firefox 3 final edition.
Karena firefox versi ini adalah masih dalam kategori beta, rilis 5, maka saya batalkan untuk menggunakan browser engine ini. Saya kembali menggunakan firefox 2.0.0.13 yang semua add-on nya sudah bisa saya nikmati.

Tidak ada komentar: