Senin, 07 April 2008

Google Docs, menyimpan file data kita secara On-Line

Test, pembukuan dalam internet. Penyimpanan data dalam account Gmail akan mempermudah kita untuk melakukan akses data kita. Selain privasi kita bisa lebih aman tersimpan, kita juga lebih praktis untuk tidak harus selalu membawa data storage device seperti FDD [FlashDisk Drive] atau yg lain. Tetapi FDD ini juga masih penting sebagai tempat backup data2 yg kita punya. Bayangkan, jika semua data yg kita perlukan tersimpan di komputer / laptop, kemudian kita lupa untuk membawanya? Apa yg kita lakukan? Tentu akan mencoba mencari-cari tempat penyimpan data milik kita seperti FDD atau Memory Card atau device yg lain, jika kita membuat backupnya. Kalau tidak? Pasti bingung, yg perlu kita lakukan adalah selalu melakukan backup data kita pada tempat lain yg mudah diakses. Bagaimana dengan fasilitas yg ditawarkan Google Mail ini? Menurut saya, ini sangat membantu, karena kita bisa mengaksesnya dari mana saja, selama masih ada koneksi internet di sekitar kita. Kalau di sekitar kita ternyata tidak ada koneksi internet sama sekali? Berarti kita harus menggunakan alat penyimpan data kita yg lain, seperti FDD atau MemoryCard kita. Jadi dapat disimpulkan bahwa, fasilitas ini >> Google Docs memang sangat membantu kita mengakses data kita, tetapi kita juga tidak boleh meninggalkan Data Storage Device kita yg dulu, dengan menggunakan kedua fasiliitas tsb, performa kita akan menjadi lebih handal Pembuatan tabel dalam document ini juga bisa dilakukan dengan mudah, fasilitas yg ada dalam fitur ini sangat mirip dengan apliaksi pengolah kata [word processor] yg sering kita gunakan, bahkan hampir sama. Saat saya mencoba membuat dokumen di bagian pengolah kata, saya tidak mengalami kesulitan untuk melakukan dokumentasi.
Kemudian saya lanjutkan pada percobaan pembuatan dokumen Spreadsheet alias dokument tabulasi, mungkin yg sering kita gunakan adalah MS Excel, sama mudahnya, tidak membingungkan, juga bisa dilakuan pengoperasian penjumlahan atau formula matematika yg lainnya.
Bagian terakhir adalah mencoba membuat dokumen presentasi, ternyata tidak sulit. Seperti yang sudah saya terangkan di atas, fasilitas ini tidak jauh berbeda dengan program yg sering kita gunakan milik Microsoft Office.Dari sini, Google memberikan alternatif penyimpanan data yg lebih pribadi.

Tidak ada komentar: